Ekosistem Padang Lamun (Seagrass) Fungsi dan Manfaatnya Bagi Lingkungan Perairan

Lamun (seagrass) adalah tumbuhan berbunga (Angiospermae) yang dapat tumbuh dengan baik pada lingkungan laut dangkal. Semua lamun adalah tumbuhan berbiji satu (monokotil) yang mempunyai akar, rimpang (rhizoma), daun, bunga dan buah seperti halnya dengan tumbuhan berpembuluh yang tumbuh di darat. Lamun senantiasa membentuk hamparan permadani di laut yang dapat terdiri dari satu species (monospesific; banyak terdapat di daerah temperate) atau lebih dari satu species (multispecific; banyak terdapat di daerah tropis) yang selanjutnya disebut padang lamun.

 
Ekosistem padang lamun merupakan ekosistem pesisir yang ditumbuhi oleh lamun sebagai vegetasi yang dominan serta mampu hidup secara permanen di bawah permukaan air laut. Ekosistem padang lamun juga merupakan suatu ekosistem yang kompleks dan mempunyai fungsi dan manfaat yang sangat panting bagi perairan wilayah pesisir.  
 
Secara taksonomi lamun (seagrass) termasuk dalam kelompok Angiospermae yang hidupnya terbatas di lingkungan laut yang umumnya hidup di perairan dangkal wilayah pesisir. Distribusi lamun sangatlah luas, dari daerah perairan dangkal Selandia baru sampai ke Afrika. Dari 12 genera yang telah dikenal, 7 genera diantaranya berada dan tersebar di wilayah tropis. Diversitas tertinggi ialah di daerah Indo Pasifik Barat. Komunitas lamun di wilayah ini mempunyai diversitas yang lebih kompleks dibanding yang berada di daerah sedang. 
 
Ekosistem pesisir umumnya terdiri atas 3 komponen penyusun yaitu lamun, terumbu karang serta mangrove. Bersama-sama ketiga ekosistem tersebut membuat wilayah pesisir menjadi daerah yang relatif sangat subur dan produktif. Komunitas Lamun sangat berperan penting pada fungsi-fungsi biologis dan fisik dari lingkungan pesisir.  
 
Pengertian dan istilah padang lamun serta beberapa nama penyebutan lamun di Indonesia. 
 
Lamun (seagrass) adalah tumbuhan tingkat tinggi (Anthophyta) yang hidup dan tumbuh terbenam di lingkungan laut; berpembuluh, berimpang (rhizome), berakar, dan berkembang biak secara generatif (biji) dan vegetatif. Rimpangnya merupakan batang yang beruas-ruas yang tumbuh terbenam dan menjalar dalam substrat pasir, lumpur dan pecahan karang. 
 
Padang Lamun (seagrass bed) adalah hamparan tumbuhan lamun yang menutupi suatu area pesisir/laut dangkal yang dapat terbentuk oleh satu jenis lamun (monospecific) atau lebih (mixed vegetation) dengan kerapatan tanaman yang padat (dense) sedang (medium) atau jarang (sparse). 
 
Ekosistem lamun (seagrass ecosystem) adalah satu sistem (organisasi) ekologi padang lamun, di dalamnya terjadi hubungan timbal balik antara komponen abiotik dan komponen biotik hewan dan tumbuhan.

 
Dalam Kamus Merriem Webster (2003) lamun atau seagrass definisikan sebagai: “any of various grass like plants that inhabit coastal areas”. Lamun merupakan tumbuhan tingkat tinggi (Antophyta) yang hidup dan terbenam di lingkungan laut; berpembuluh, berdaun, berimpang (rhizome), berakar dan berkembang biak secara generatif (biji) dan vegetatif (tunas). 
 
Kata seagrass sendiri di benua Amerika baru muncul di tahun 60-an dan di Eropa di tahun 70-an dengan terbitnya publikasi hasil-hasil penelitian yang menggunakan kata seagrass. Sebenarnya puluhan bahkan ratusan tahun sebelumnya telah muncul nama-nama Inggris (common name) dari jenis-jenis lamun yang disesuaikan dengan bentuk luar (morfologi) atau sebagai makanan dari binatang tertentu, misal; eelgrass (Zostera marina), turtle/dugonggrass (Thallassia testudinum), manatee grass (Halodule wrightii), spoongrass (Halophila spp.). 
 
Di Indonesia, seagrass memiliki berbagai nama daerah. Di Teluk Banten seagrass dikenal sebagai lamun; di Kepulauan Seribu disebut rumput pama, oseng, samo-samo; di Kepulauan Riau disebut rumput setu atau setu laut; di Sulawesi Selatan disebut rumput samo-samo, rumput anang; di Maluku disebut lalamong, samo-samo, pama, ilalang laut; di Maluku Utara disebut rumput gussumi, guhungiri, alinumang; di Pulau Kabaena, Muna, Buton dan Sulawesi Tenggara disebut sebagai rumput lelamong atau rumpat lela. Di Pulau Maratua, Kalimantan Timur, lamun spesies Enhalus acoroides dikenal sebagai rumput unas.
 
Fungsi dan manfaat adanya padang lamun bagi ekosistem perairan.
 
Lamun mempunyai beberapa fungsi ekologis yang sangat potensial berupa perlindungan bagi invertebrata dan ikan kecil. Daun-daun lamun yang padat dan saling berdekatan dapat meredam gerak arus, gelombang dan arus materi organik yang memungkinkan padang lamun menjadi kawasan lebih tenang dengan produktifitas tertinggi di lingkungan pantai di samping terumbu karang. 
 
Melambatnya pola arus di area padang lamun memberi kondisi alami yang sangat di senangi oleh ikan-ikan kecil dan invertebrata kecil seperti beberapa jenis udang, kuda laut, bivalve, gastropoda dan echinodermata. Hal terpenting lainnya adalah daun-daun lamun berasosiasi dengan alga kecil yang dikenal dengan epiphyte yang merupakan sumber makanan terpenting bagi hewan-hewan kecil tadi. 
 
Epiphyte ini dapat tumbuh sangat subur dengan melekat pada permukaan daun lamun dan sangat di senangi oleh udang-udang kecil dan beberapa jenis ikan-ikan kecil. Disamping itu padang lamun juga dapat melindungi hewan-hewan kecil tadi dari serangan predator. Sangat khas memang pola kehidupan hewan-hewan kecil ini di padang lamun yang tidak jarang memberikan konstribusi besar bagi kelangsungan ikan dan udang ekonomis penting.

 
Padang lamun sebagai istana bagi beberapa biota laut, seperti sapi laut (dugong), dugong mengasuh anak-anaknya di padang lamun karena lamun menjadi makanan pokok baginya. Begitu pula penyu yang memakan lamun jenis Syriungodium isoetifolium dan Thalassia hemprichii. Saat air surut, daun-daun lamun jenis enhalus acoroides terlihat menyembul di permukaan sehingga burung-burung berdatangan dan mencari makan diantara daun-daunan lamun tersebut.  
 
Berikut fungsi lain serta penjelasan lebih lanjut peran-peran penting dari padang lamun:
  • Sebagai Produsen Primer  
Sebagai tumbuhan autotrofik, lamun mengikat karbondioksida (CO2) dan mengubahnya menjadi energi yang sebagian besar memasuki rantai makanan, baik melalui pemangsaan langsung oleh herbivora maupun melalui dekomposisi sebagai serasah. Produktivitas primr padang lamun relatif tinggi di pesisir.
 
  • Sebagai Habitat Biota
Lamun memberikan tempat perlindungan dan tempat menempel berbagai macam organisme. Selain itu, padang lamun dapat juga berfungsi sebagai daerah asuhan, padang penggembalaan dan makanan dari berbagai jenis ikan herbivora dan ikan-ikan karang. Sejumlah jenis biota tergantung pada padang lamun, walaupun mereka tidak mempunyai hubungan dengan lamun itu sendiri. Banyak dari organisme tersebut mempunyai kontribusi terhadap keragaman pada komunitas lamun. Lamun juga penting bagi beberapa biota terancam punah (endangered species) seperti dugong dan penyu karena mereka memanfaatkan lamun sebagai makanan utamanya. 
 
  • Sebagai Penangkap Sedimen serta Penahan Arus dan Gelombang  
Daun lamun yang lebat akan memperlambat aliran air yang disebabkan oleh arus dan ombak, sehingga perairan di sekitarnya menjadi tenang. Di samping itu, rimpang dan akar lamun dapat menahan dan mengikat sedimen, sehingga dapat menguatkan dan menstabilkan dasar permukaan. Daun lamun yang berfungsi sebagai penangkap sedimen serta penahan arus dan gelombang yang berperan dalam mencegah erosi pantai. 
 
Padang lamun menangkap dan menstabilkan sedimen, sehingga air menjadi lebih jernih. Ketika gelombang air mengenai padang lamun, energinya menjadi turun, sehingga sedimen yang terlarut di air bisa mengendap ke dasar laut. Ketika sedimen terendapkan di dasar, sistem perakaran padang lamun menjebak dan menstabilkan sedimen tersebut. 
 
  • Sebagai Pendaur Zat Hara  
Lamun memegang fungsi yang utama dalam daur berbagai zat hara dan elemen-elemen langka (mikro nutrien) di lingkungan laut. Fosfat yang diambil oleh daun-daun lamun dapat bergerak sepanjang helai daun dan masuk ke dalam algae epifitik. Akar lamun dapat menyerap fosfat yang keluar dari daun yang membusuk yang terdapat pada celah-celah sedimen. Zat hara tersebut secara potensial dapat digunakan oleh epifit apabila mereka berada dalam medium yang miskin fosfat.

  • Sebagai Penyerap Karbon   
Padang lamun juga berperan seperti hutan di daratan dalam mengurangi karbondioksida (CO2). Seperti tanaman darat lainnya, lamun memanfaatkan karbondioksida (CO2) untuk proses fotosintesa dan menyimpannya dalam bentuk biomasa. Hasil penelitian Pusat Penelitian Oseanografi LIPI diketahui bahwa padang lamun dapat menyerap rata-rata 6,59 ton C/ha/tahun atau setara dengan 24,13 ton CO2/ha/tahun. 
 
Demikian ulasan singkat mengenai ekosistem padang lamun (seagrass) pengertian, fungsi dan manfaat bagi lingkungan perairan. Ditulis berdasarkan referensi dari :
http://oseanografi.lipi.go.id/haspen/buku%20padang%20lamun%202018%20digital.pdf
http://media.unpad.ac.id/thesis/230110/2009/230110090075_2_9909.pdf
https://www.academia.edu/34802998/EKOSISTEM_PADANG_LAMUN_Manfaat_Fungsi_dan_Rehabilitasi
Gambar dimuat berdasarkan penelusuran google gambar dengan pencarian kata "padang lamun, ekosistem lamun, jenis biota yang tinggal di lamun, manfat dan fungsi padang lamun, penar lamun bagi ekosistem perairan". Sekian, semoga dapat menjadi referensi bacaan yang bermanfaat! Terimakasih.

Tag in search :
padang lamun, padang lamun di indonesia, padang lamun pdf, padang lamun jurnal, padang lamun yang paling banyak ditemukan di indonesia yaitu, padang lamun merupakan habitat dari, padang lamun pada ekosistem laut berperan untuk, padang lamun adalah, padang lamun dan terumbu karang adalah zona, padang lamun disebut sebagai produsen primer dalam urutan rantai makanan di laut produsen artinya, padang lamun bersifat non spesifik terdapat pada daerah beriklim, padang lamun terumbu karang dan mangrove termasuk, padang lamun, manfaat padang lamun, ekosistem padang lamun, fungsi padang lamun, gambar padang lamun, padang lamun di indonesia, pengertian padang lamun, apakah padang lamun itu, makalah ekosistem padang lamun, makalah padang lamun, padang lamun pdf, potensi padang lamun, ekosistem padang lamun pdf, kerusakan padang lamun, ekosistem estuari padang lamun, fungsi ekosistem padang lamun

Post a Comment for "Ekosistem Padang Lamun (Seagrass) Fungsi dan Manfaatnya Bagi Lingkungan Perairan"