Ikan Molly (Poecilia Sphenops)

Ikan Molly merupakan ikan hias air tawar yang cukup menarik dengan warnanya yang mengkilap dan bentuk tubuh yang mungil yang memancarkan daya tarik tersendiri dan menjadikan ikan ini sangat cocok untuk sebuah hobi memelihara ikan di akuarium. Bahkan sudah banyak orang yang membudidayakan ikan molly baik untuk sekedar hobi maupun ekonomi.


Dikalangan hobiis pencinta ikan hias akuarium, ikan molly sudah populer dan cukup dikenal. Ikan ini cukup banyak menghias akuarium-akuarium peliharaan yang umumnya banyak di sandingkan dengan ikan hias mungil lainnya, seperti guppy, platy, ikan zebra, neon tetra dan lain lain.

Klasifikasi Ilmiah

kingdom : Animalia
Phyllum : Chordata
Class : Ostheichthyes
Ordo : Cyprinodonteidei
Family : Poecilidae
Genus : Poecilia
Species : Peocilia sphenops


Ikan molly menyerupai ikan guppy karena masih satu keluarga yaitu poecilidae. panjang tubuhnya sekita 5-7 cm. Bentuk tubuhnya cukup unik moncong kedepan yang terlihat dari bagin kepala hingga mulut. Meimiliki sirip lengkap seperti ikan lain pada umumnya. Namun bentuk sirip ekor agak berbeda terutama pada molly jantan, bentuk unik seperti sabit.

Molly memiliki daya tahan tubuh yang cukup tinggi terhadap kondisi ligkungan. Ia juga dapat hidup di perairan asin atau payau, namun perlu diketahui ikan ini cukup rentan terhadap perubahan suhu. Pada pemeliharaan dalam akuarium, para hobiis biasanya menambahkan sedikit garam laut untuk mengoptimalkan kesehatan ikan molly.

Ikan molly akan lebih senang jika akuarium ditambahkan tanaman air dalam jumlah banyak yang berfungsi sebagai tempat bersembunyi bagi anak anak ikan molly dan juga sebagai pakan alami molly dari lumut lumut yang tumbuh pada dedaunannya.


Di alam liar ikan molly termasuk omnivora yang memakan segala jenis makanan, demikian juga pemeliharaan di akuarium pakan yang berbahan hewani maupun nabati juga dapat dilahapnya. Tetapi, makanan utama ikan ini adalah lumut-lumutan sehingga makanan ikan yang berbahan dasar dagin (protein) akan mengurangi masa hidup dari ikan ini.

dari beberpa sumber menulisakan bahwa ikan molly berasal dari luar indonesia yaitu tepatnya dari sungai Amazon dan sungai-sungai di Amerika Selatan. Ikan ini ditemukan banyak hidup di sela-sela akar tanaman air dan mereka juga berkembangbiak dan menetaskan telurnya di sela akar-akar tersebut pula.

Perbedaan jenis kelamin ikan molly sangat mudah di tentukan antara jantan dan betinanya. Pada ikan jantan memiliki tubuh yang ramping dan memiliki sirip punggung yang lebih lebar serta panjang kemudia sirip perut meruncing dan juga panjang yang digunakannya untuk kawin. Sedangkan pada ikan betina memiliki bentuk tubuh yang lebih lebar dan agak membulat dengan sirip punggung yang pendek dan sirip perutnya berbentuk oval. Untuk jenis molly black, bagian perut betina akan terlihat jelah bintik putih apabila molly sudah dewasa.


Dalam kegiatan budidaya, molly dikatakan dapat melahirkan anakan dengan jumlah yang banyak bahkan ratusan ekor tergantung dari ukuran indukannya. Masa kehamilan antara 6-8 minggu. Ikan ini juga memiliki kemampuan menyimpan sperma jantannya, sehingga apabila kehamilan pertama telah selasai maka bisa hamil kembali tanpa perlu dikawinkan dengan jantan molly.

Seiring berjalannya waktu, ikan molly juga dikembangkan dengan pekawinan silang antara ikan molly, sehingga ikan ini telah memiliki beberapa varietas molly diantaranya : molly ballon, black molly, white molly, molly green ballon, marble molly dan molly kuning ballon. Jenis ikan molly yang sudah sangat populer adalah jenis black molly.



Referensi :
http://asian-spirits.blogspot.co.id/2012/06/ikan-black-molly.html
https://ululalbab31n.blogspot.co.id/2015/03/mari-mengenal-ikan-molly.html
http://ilmuikan.com/ikan-black-molly/
Sumber Gambar : Google search pictures


T
ag Post :, ikan hias molly, ikan hias molly balon, ikan hias black molly, ikan hias molly marble, ikan hias kecil molly, ikan hias red molly, ikan hias molly, ikan hias molly, ikan hias murah molly, ikan hias yang mudah beranak molly, pemijahan ikan hias molly, proposal budidaya ikan hias molly, pembenihan ikan hias molly, ikan hias molly platy, makalah budidaya ikan hias molly, makalah ikan hias molly, ikan hias molly marble, ikan hias molly merah, ikan hias murah molly, ikan hias yang mudah beranak molly, cara merawat ikan hias black molly, jenis ikan hias molly, jual ikan hias molly, jumlah anakan ikan hias black molly balon adalah, ikan hias molly jantan dan betina, harga jual ikan hias molly, harga ikan hias molly, harga benih ikan hias molly, harga jual ikan hias molly, ikan hias molly hamil, gambar ikan hias molly, gambar ikan hias black molly, ikan hias air tawar golden black molly, dunia perairan, blog dunia perairan.

Post a Comment for "Ikan Molly (Poecilia Sphenops)"





close