Bintang Laut


Bintang Laut merupakan hewan invertebrata yang temasuk dalam filum echinodermata. Hewan ini hidup didasar laut dan bisa bergerak.  Dalam bahasa inggris dikenal dengan nama starfish, namun hewan ini sangat jauh hubungannya dengan ikan. Sesuai dengan namanya itu, hewan ini berbentuk bintang dengan lima lengan. Bintang laut termasuk hewan simetri radial dan umumnya memiliki lima atau lebih lengan. Ia bergerak dengan menggunakan sistem vaskular air. Bintang laut sebenarnya adalah hewan yang hidup bebas, namun dikarenakan ketiadaan organ gerak yang memadai, ia hanya bergerak mengikuti arus air laut.

Klasifikasi Ilmiah

Kingdom : Animalia
Phylum : Echinodermata
Kelas : Asteroidea
Genus : Asteroidea
Spesies : Asteroides sp,
 Asteropecten irregularis, 
Crossaster dan Culeitin.

Tubuh bintang laut terdiri dari bagin oral (yang memiliki mulut) dan aboral (yang tidak memiliki mulut), banyak dijumpai di pantai. ciri lainnya adalah organ tubuhnya yang bercabang keseluruh lengan. mulut terdapat di permukaan bagaian bawah atau yang disebut permukaan oral. Sedangkan pada permukaan aboral selain anus terdapat pula medropit. Medropit adalah sejenis lubang yang mempunyai saringan dalam menghubugkan air laut dengan sistem pembuluh air dan lubang kelamin.

Permukaan Echinodermata umumnya berduri, baik itu pendek tumpul atau runcing panjang. Duri berpangkal pada suatu lempeng kalsium karbonat yang disebut testa. Sistem saluran air dalam rongga tubuhnya disebut ambulakral yang berfungsi untuk mengatur pergerakan bagian organ yang menjulur ke luar tubuh, yaitu kaki ambulakral atau kaki tabung ambulakral dan kaki ambulakral ini memiliki sistep alat isap.

Bintang laut memakan koral dan kerang-kerangan. Saat akan bergerak ia menggunakan tabung didalam tubuhnya. Tabung itu memoma air keluar masuk dari ratusan kaki tabung ambulakral. Kaki-kaki tabung ini terjulur oleh tekanan air, hingga hewan ini pun dapat bergerak. 
ibn5sholih.blogspot.com
Sistem tubuh bintang laut 

Tidak banayk yang mengetahui bahwa bintang laut ini memiliki sistem tubuh yang hampir sama seperti manusia. Diantara sistem tubuh itu adalah : 

1. Sistem ambulakral > merupakan alat pernapasan sekaligus pergerakan yang memungkinkan air masuk melalui lubang bernama medropit kedalam pembuluh batu. Kemudian menyalurkannya menuju saluran cincin yang bercabang pada lima tangannya yang diberi nama saluran radial higga kedalam saluran lateral. Deretan-deretan kaki tabung pada tiap cabang tangan yang bergelembung disebut ampula yang menjadi akhir perjalanan air dari luar tubuh. 

2. Sistem reproduksi > Pembuahan berlangsung di luar tubuh> Telur yang dibuahi kemudian terbelah dengan cepat menciptakan blastula yang berkembang sampai jadi grastula. Grastula berbah menjadi larva yang kemudian berenang bebsa dalam air samapi mendapatkan lokasi yang pas untuk bermetamorfosis sampai dewasa. 

3. Sistem pencernaan > Terdiri atas mulut, faring, kerongkongan, lambung, usus dan anus. Lambungnya bercabang lima dan masing-masing lengan memiliki lambung cabang dua yang ujungnya buntu. 

4. Sistem respirasi > Bernapas melalui kulit yang menonjol di selom atau rongga tubuh yang tipis. 

5. Sistem peredaran darah > Peredaran darah mengelilingi mulut dan berhubungan dengan lima pembuluh radial di lengan. 

6. Sistem saraf > Pada bagian lengan starfish terdapat cincin dan tali saraf.
Bintang laut Picture 

reefsforum.com
Bintang laut matahari (bintang laut terbesar) /
republik-tawon.blogspot.com
terbaca.com
narcistbandit.com
gehenx.multiply.com
itsweworld.blogspot.com
arimurti-indo.blogspot.com




Referensi :
http://biologigonz.blogspot.com/2010/01/fisiologis-echinodermata.html
http://ibn5sholih.blogspot.com/2011/05/deskripsi-bintang-laut-asteroida.html
http://zonaikankita.blogspot.com/2012/02/bintang-laut.html 
http://www.anneahira.com/bintang-laut.htm

1 comment for "Bintang Laut"

Comment Author Avatar
Anonymous 5/31/2013
bintang laut .. patrcik hheee




close